Tutorial Lengkap Cara Install Flarum

Tutorial Lengkap Cara Install CMS Flarum – Hai.. setelah kemarin Ogut share tentang sebuah Forum CMS Flarum yang sudah rilis meskipun masih dalam versi beta, ita Ogut mau belajar share cara install CMS Flarum tersebut, mungkin buat para mastah web developer uda kaga usah baca panduan lagi kalo, jadi artikel ini tidak disarankan buat yang uda mastah, kuhususon untuk Newbie dan Ogut sendiri

Nah buat kamu yang lagi kepingin buat Forum, kamu bisa coba Pake CMS Flarum ini, karena menurut Ogut sendiri CMS ini sangat cantik dan juga ringan, cei cantik kaya cewe aja, iya Ogut bener kok liat aja sendiri tampilanya , weeeScreenshot_97

Oke langsung aja berikut Tutorial Lengkap Buat Install CMS Flarum pada cPanel, tutorial ini Ogut praktekin di cPanel Ogut, jadi kalo temen2 mau nyoba yang di hosting gratisan tinggal sesuaikan saja yah, cek ki dot

Persaratan

Proses Instalasi

  1. Download terlebih dahulu CMS Flarum di situs resminya, Disini nih Bro
  2. Kalo uda didownload, buka cPanel hosting kamu, terus ya upload lagi ke tempat dimana kamu pengen install ni CMS, kalo Ogut sih kebetulan buat sub domain Forum, jadi Ogut upload didalam Folder Forum
  3. Untuk metode upload terserah kamu mau pake cara apa, entah lewat FTP, atau langsung via Web, yang pasti yang buat kamu nyaman aja, hehehehe
  4. Kalo uda di upload terus extract File CMS Flarum tadi, tapi kalo sebelum diupload uda di extract juga gak apa-apa
  5. Sebelum lanjut, kita buat dulu Database MySql yang baru, karena gak kaya install WordPress yang database nya langsung jadi secara otomatis, kali ini kita harus buat secara manual, Ikutin Ogut ya
  6. Masuk ke cPanel masing-masing, cari DataBase MySQL WIzard , Kalo uda ketemu ya di klik broScreenshot_100
  7. Tahap pertama masukin nama Database, terus klik nextScreenshot_101
  8. Tahap kedua masukin username dan password database, klik next lagi broScreenshot_102
  9. Tahap ketiga centang ALL PRIVILEGES , buat ngasi semua hak akses pada user yang kita buat, beres deh buat databasenyaScreenshot_103
  10. Nah, kalo database uda jadi, tinggal kunjungi deh tuh domain yang mau di install CMS nya, disini Ogut installnya di forum.blogogut.com , kalo temen2 installnya di domain utama ya ketik aja domain utama di web browsernya nanti juga bakalan muncul instruksi buat install CMS Flarum
  11. Eits tunggu dulu, kalo misalkan munculnya kaya gambar dibawah ini, itu berarti kamu harus update dulu PHP ke Versi 5, tenang aja caranya uda Ogut tulis kok DISINI Screenshot_99
  12. Buat yang PHP nya uda Versi 5 , nanti munculnya kaya gambar dibawah, tinggal kamu cocokin database yang pertama dibuat dengan kolom yang ada, terus klik Install FlarumScreenshot_104
  13. Taraaaa, sebuah CMS Forum yang sangat keren uda beres di install,
  14. Selesai, berikut Demo yang uda Ogut buat di Subdomain Ogut Forum.Blogogut.com
  15. Dan untuk masuk ke pengaturan, ada dipojok kanan atas.

Gimana, uda bisa belum installnya, kalo belum bisa Ogut dengan senang hati membantu, tinggal hubungi Ogut aja di laman Kontak, dan buat temen-temen yang uda berhasil jangan lupa ya komen-komenan nya, Ogut tunggu loh

Ya itu aja mungkin artikel kali ini tentang cara install CMS Flarum, maaf-maaf kalo Ogut sok tau atau Ogut salah dalam hal apapun termasuk dalam penulisan kata, itu karena semata-mata Ogut kurang teliti, di maafin ya . . .

Sekian dan terima kasih, salam santun dari Ogut buat semuanya, atau mungkin temen-temen mau baca artikel Ogut lainnya tentang Menambahkan Facebook Author Tag Di WordPress

Tags:,

9 Comments

  1. Kang Ismet December 11, 2015
    • Ogut December 11, 2015
    • Ogut December 11, 2015
      • Kang Ismet December 11, 2015
        • Ogut December 11, 2015
          • Kang Ismet December 11, 2015
          • Ogut December 11, 2015
    • Nucky Prayanta Natalius January 15, 2016
      • Ogut January 15, 2016

Leave a Reply